Tips berburu topik skripsi S1 ~ part 1

November 30, 07

Salah satu topik pembicaraan di kalangan mahasiswa senior S1 (tingkat akhir) saat kongkow ataupun ngerumpi biasanya adalah tentang topik TA / skripsi. Setidaknya ada dua kasus yang mungkin terjadi: “topik TA ditentukan oleh dosen” atau “mahasiswa diminta mencari topik TA sendiri”.

Untuk kasus kedua ini, banyak mahasiswa yang malah jadi kebingungan. Yup, bingung nyari topik TA.

Lha emangnya ilang kok harus dicari?🙂

Kebingungan adalah suatu yg wajar. Jadi don’t worry, it’s natural. Soalnya kenapa? kalo anda tidak bingung pada tahap awal penelitian anda (entah bingung cari judul, bingung cari referensi, bingung karena bingung) , berarti kemungkinan besar topik anda tidak terlalu layak untuk skripsi. Kalau semuanya sudah terang benderang sejak awal (topik jelas las, metode jelas las, tools jelas las, bahkan mungkin hasilnya juga udah jelas las) maka aktivitas itu gak termasuk penelitian. Lebih cocok digolongkan praktikum. Saya share beberapa tips yang mungkin berguna:

1. Apa yg disukai?

Tugas pertama dan yang paling penting buat anda adalah mencari tahu di antara sekian banyak kompetensi IE, mana yang anda paling sukai? Bagian mana yang membuat anda ‘bersemangat’ saat anda sedang tak termotivasi. Bagian mana yang bisa membuat anda rela berjam-jam mengerjakannya tanpa kenal lelah.

Mengapa ini penting? Soalnya anda akan menghabiskan waktu anda 6 bulan ke depan untuk mengulik masalah itu. Bayangkan, 6 bulan = 15 552 000 detik. Hidup anda akan didedikasikan untuk mengerjakan skripsi. Saat duka, saat suka, saat tak ada motivasi, ditinggal pacar, ditinggal teman, dalam 6 bulan itu anda harus fight for progress. Bayangkan kalo anda tidak benar-benar menyenangi topik itu! Grafiknya kan kira-kira seperti ini (referensi):

RS weekly cycle:

Di samping preferensi pribadi, anda juga harus mempertimbangkan preferensi dosen. Terutama jika kita tidak punya kebebasan untuk memilih dosen pembibing. Dosen biasanya memiliki preferensi pribadi tentang domain / ranah penelitian yang bisa/biasa/suka dikerjakan. Anda bisa cek website, misal: preferensi saya, Bu Bertha, Pak Bagyo; Pak Alva atau dari daftar publikasi off-line.

Bagaimana jika tidak cocok?

Ada dua alternatif, (a) anda agak menggeser preferensi anda – kompromi; (b) cari dosen lain. Alternatif (a) mungkin dilakukan jika anda sudah punya topik definitif (misal: anda sudah dapatkan topik dari tempat magang anda).

Dosen Favorit

Entah kenapa, kadang mahasiswa menyebut bahwa si A, si B adalah dosen favorit, si C, si D luebih favorit, dst. Mungkin karena ada dosen yang baik hati dan tidak sombong, sementara dosen lain buaiiik hati dan sangat tidak sombong. Memang subjektif sekali.

Dosen-dosen yang digolongkan favorit oleh mahasiswa biasanya jadi overloaded. Karena itu biasanya jurusan akan menempuh kebijakan membagi beban membimbing. Jika hal ini tidak dilakukan, maka akan terjadi apa yg di systems thinking disebut: tragedy of the common [kapan-kapan dibahas dibahas di sini].

2. Level

Seberapa dalam sih topik penelitian kita seharusnya? Apakah topik saya terlalu susah? apakah terlalu mudah?

# bloom’s taxonomy

Bloom’s taxonomy bisa digunakan untuk menggambarkan kemampuan intelektual seseorang pada suatu domain ilmu. Sila jenguk di sini untuk lengkapnya.

Bloom’s Taxonomy

Comprehension kira-kira selevel dengan ujian kompre, kuliah proyek terpadu

Application kira-kira setara dengan praktikum, kerja praktek dan magang

Level Skripsi S1 kira-kira menurut saya akan berkisar antara aplikasi ditambah dengan analisis. Jadi, bobotnya harus di atas laporan kp, magang maupun praktikum.

# proxy:

Sebagai penanda / proxy yang mudah untuk melihat seberapa tinggi sih bobot yang dibutuhkan, anda bisa melihat laporan-laporan skripsi kakak angkatan yang bagus (misal: dapet A, diseminarkan, dipublikasikan).

# triple constraints

Secara anda sudah kuliah manajemen proyek pasti sudah kenal triple constraints. Penelitian / skripsi adalah satu jenis proyek. Karenanya proses skripsi mengikuti kaidah triple constraints. Dalam kaitannya dengan pemilihan topik, anda harus bisa mengestimasi bahwa bobot penelitian ( quality) harus masuk level minimum dan constraints yang lain (time & cost) harus dipertimbangkan.

Lihat juga tips berburu topik skripsi bagian 2


30 Responses to “Tips berburu topik skripsi S1 ~ part 1”

  1. Yan9n Says:

    mungkin sekarang sama dulu (pas jaman saya) sudah agak lain… mungkin bener2 beda…
    jadi pengen cerita nih pak, siapa tau bisa share ke adik2 yg kebetulan bingung cari topik TA
    dulu (mungkin karena mahasiswanya masih sedikit), mahasiswa nyari sendiri, sesuai dengan minat kita mau penelitian apa, ada yang dosen memang baik hati sekali… dan topiknya mudah, ada yang baik hati tapi topiknya sulitnya setengah mati… meskipun itu hanya sebatas analisis saja…
    saya dulu kebetulan karena minat-nya sejak dapet kuliah ergonomi, ya saya ambil topik tentang ergonomi… cari topiknya??? ya seperti yang dibilang pak budi tadi… browsing dari jurnal-jurnal offline yang ada di lab ergonomi… keuntungannya ya kita bisa tau kira-kira topik apa sih di ergonomi yang sedang in, trus mungkin ga itu dilakukan di lab atau di perusahaan di indonesia…plus diskusi sama dosen yang “prospektif” dijadikan dosen pembimbing… nah karena waktu itu dosen ergonomi hanya bu ema dan pak andi, jadilah saya banyak diskusi dengan dua dosen tersebut, sempat pengen neliti ini itu, HRTF, SDT, usability dan bahasan-bahasan lainnya, dan saya pengennya itu adalah eksperimen, bukan aplikasi di pabrik… nah… akhirnya setelah diskusi dengan bu ema, ketemulah topik tentang menstruasi… heeeee… aneh kan…but unik… pertama karena penelitian tentang menstruasi sendiri itu sudah banyak dan hasilnya selalu saja ambigu, peneliti A bilang X peneliti B malah bilang Y dan sebagainya… dan penelitian yang mengkaitkan menstruasi dan ketelitian dalam inspeksi, masih belum ada… (belum ada karena belum pernah dapat jurnal tentang itu)
    kedua, unik karena saya sebagai penelitinya adalah cowok… (ndak malu apa…) awalnya malu… jelaslah… apalagi mempertanyakan “privasi” cewek… tapi justru itulah… karena saya cowok, jadi analisis saya dengan hasil experimen seperti apapun menjadi sangat objektif… beda kalau saya cewek, pasti akan menjadi subjektif dalam menganalisis… hehehe… iya kan???
    dan ketiga… unik juga karena saya akhirnya tahu hal yang sebaiknya diketahui cowok tentang cewek yang biasanya ditutup-tutupi… hahaha…

    ohya satu hal lagi dalam memilih dosen, kalau saya sendiri saya dulu memilih bukan karena dia baik, enak atau apa… but saya melihatnya dari kapabilitas/kompetensi dari dosen yang akan membimbing saya… jadi mungkin yang perlu diperhatikan adalah sebenernya kompeten ga dosen itu… nggak lucu dong misal milih pak budi untuk jadi dosen pembimbing kalo mau misal pengen TA tentang ergonomi, atau mau TA tentang sistem thinking tapi ambilnya ke dosen yang ga berkompeten dengan itu… iya ga??? hehehehe

  2. linda Says:

    Konbawa Sir…selamat malam….

    Bapak tahu sekali apa yang kami –mahasiswa tingkat akhir– bingungkan…dan bikin gak bisa tidur… TEMA TA…

    susah sekali mencari ide dan inspirasi Sir…
    apalagi kami mahasiswa sukanya cari tema yang idealis gitu….

    tapi saran dari bapak…akan saya coba…

    arigato Sir…:D

  3. b oe d Says:

    @ Mas Titis:
    Akur Mas Titis. Info anda pasti lebih up-to-date jika kita bicara masalah skripsi S1. makasih atas share pengalaman uniknya.

    @ Linda:
    Nyari tema TA ampe gak bisa tidur. Wadauh.
    Gpp Lin, mulai dari yg idealis kemudian dipersempit / difokuskan supaya layak dan feasible. Inget project scope management di kuliah dulu. Tetep semangat.


  4. […] Pak Budi Hartono: Tips berburu topik skripsi S1 ~ part 1 […]

  5. dadank Says:

    Bbrp hari ini, topik ini memang sering jadi bahan obrolan anak2 TI.
    Tentunya selain gosip2 khas TI (Teknik Infotaintment hehe… :))

    Dari yg saya temui, memang lebih banyak (termasuk saya) yg masih belum jelas benar ‘mau kemana’, ‘mau ngapain’, dsb.
    Bahkan ada yg sampe mengekspresikan semacam kecemasan, karena meragukan kemampuan dirinya mengenai berbagi pilihan topik yg ada.
    Tapi ada juga yg udah siap lahir batin dg menghubungi dosen, ngumpulin materi dsb (pasti bukan saya :))

    Ya, saran pak budi akan saya praktekan. Pasti sgt membantu…


  6. Kalau pak Budi, proses mengerjakan skripsi bisa disajikan runtut & sistematis. Bahkan yg Bloom’s taxonomy-nya bagus bgt bisa digrafikkan sesuai tingkat studinya (s1 s.d. s3) & dipatenkan pula.

    Kalau saya, proses mencari ide buat skripsinya acak adul & lompat2. Nggak keruan comot sana comot sini, apa yg terpikir itulah yg diambil. Nggak sistematis & random.😆

    Inilah bedanya dosen qualified dengan mahasiswa:mrgreen:

  7. inha Says:

    Thx berat bwt advicenya
    Anak2 TI biasanya bingung mo ngambil di bidang mana skripsinya. Mungkin karena TI itu “ilmu dewa” yah?

  8. b oe d Says:

    # Tio
    Yg saya tulis itu lebih bersifat gambaran besarnya. Arah umumnya, kompasnya. Dalam prakteknya, proses penelitian (termasuk skripsi) pasti penuh dengan lika-liku, tidak selalu runtut, kadang bolak-balik, kadang jalan di tempat, jalan mundur, lompat-lompat dsb. Di situ kaykaknya dinamikanya ya?

    # Inha
    Saya pilih ilmu “PADI” aja deh. 😀


  9. […] January 8, 2008 Tips berburu topik skripsi (part 2) Posted by b oe d under Systems thinking | Tags: mahasiswa, Teknik Industri |   Tulisan berikut adalah kelanjutan dari bagian pertama yang bisa diakses di sini. […]

  10. achim Says:

    achim, mau berbagi kesedihan.
    g tau kenapa usah hampir dua tahun, semua teori udah selesai, tapi tanya belum juga tekejar selesainya. sampai-sampai mau ketemu ama sodara. mungkin dengan ini ada penyelesaian. ternyata DOA itu penting.


  11. […] tips berburu topik skripsi sila jenguk di sini dan di […]

  12. opang Says:

    ehem,….
    jadi kira2 untuk mencari tema itu gimana. kalo kasus terlalu baru, kesulitan data, kalau kasus sudah lama, keburu udah ada yang nulis…
    pusiiing…..

  13. Erix Says:

    Gw lagi bingung neh mau cari inspirasi buat judul TA. Temen2 bisa bantu ga..Aku ambil Kul jurusan Teknik Industri. Rencana buat TA ku tentang sistem Informasi berbasis web menggunakan Joomla.Thanks

  14. gito Says:

    puyeng cari judul yang pazzzzz

  15. Sisi Says:

    Nyari judul emang susah kali… apalgi IE itu cakupannya luas..
    Btw saya juga lagi dikejar deadline buat proposal TA ni..
    bantuin dong.. plis…
    kalo yang punya jurnal sisprod kasitau yaa…

  16. Bambang Indarto Says:

    Puyeng bikin SKRIPSI, apalagi kalo udah mepet mau di DO…………

  17. arie_public administrasi Says:

    thanks for all… terutama buat bapak-bapak ^.^ yang udah bagi-bagi ilmunya…,tuk seterusnya ada yang bisa bantuin buat nyariin TA nya….saya kuliah di jurusan administrasi negara…saya bingung banget pengen nyari TA seperti apa dengan latar belakang bidang jurusan yang saya ambil…,tapi kayaknya saya berminat di bidang kesehatan….,so for all help me….., semaga ada yang bisa bantuiiin ogut…thansk bagi yang udah bantuiiinnn.

  18. john Says:

    minta tlng bantuannya yang punya referensi skripsi teknik industri yang berhubungan dengan pengukuran produktifitas dengan mggunakan teori cobb douglass !!!!! tolong kirim ke almt E-mail q nazila_john@plasa.com, thanks yg udah bantuiiiiin

  19. SAdip_Ta Says:

    wEeeeeeeeeeewwwwww….

    bRu tw nih ad situs ini,,,,,

    senang banget,,,,,

    ntaR kLo saat saia ud tB,,,mHn Bantuannya yah,,,,

    ok ok,,,buat yang masih ngerjain,,,semangat yah,,,,

  20. poundra windyanto Says:

    oke thanks. kl untuk tesis ada nggak?

  21. anggun Says:

    minta tlong yang pny referensi skripsi TI tentang aplikasi e-voting dengan sms gateway mohon di kirim ke anggundinho@gmail.com

    tengkyu

  22. angga73 Says:

    waduh pak… bener.. saya bingung…
    terima kasih infonya…
    nanti kalo saya ada kesulitan, saya tanya Bapak.. boleh?
    thanx

  23. andy Says:

    terima kasih sekali infonya, saya bukan teknik industri Tp info ini akan saya forward utk cwe saya. sungguh blog yg berguna. thanks alot

  24. angga Says:

    pak saya bingung cari data maupun arti dsb tentang gaji,sistem penggajian,ya tentang gaji gitu pak

  25. yuri Says:

    Wah….keren juga tipsnya.
    Saya jurusan fisika, msh semester 6 sich, tapi udah mulai berburu topik untuk bhn skripsi, biar ntar ga keteteran gitoe…
    Nanti kalo saya mengalami kesulitan mohon bantuannya ya…
    Thanks.

  26. lay Says:

    friends,mo tny dunk,menurut u org,klo topik skripsi nya risk management gt,sulit ga yg tuk dibahas,g takut nya bila cukup gampang.ga akan dianggap sama dosennya?? tq b4..

  27. glo Says:

    Mohon bantuannya doonngg..
    topik yang lagi hot ttng pengkual apa yaahh,,
    pengen buat TA ttng pengendalian luaitas di pabrik makanan (selai),, tp bingung nih…semua metode udah pernah dipake kayaknya..

  28. tina Says:

    pak, saya ingin membuat skripsi yang mengintegrasikan antara penentuan perawatan mesin yang tetap mempertimbangkan jadwal produksi………
    Buat tmen2 YG PUNYA bahan boleh minta ya…….kirim k Tiyastina@yahoo.co.id
    thank u…..

  29. yani widyastanti Says:

    sya semester akhir komunikasi…insya allah awal semester akhir ini saya memulai penulisan skripsi…tapi msh dibayang2in sm judul..jadi ragu nyerahin outline……
    need advice please…^^

  30. eva Says:

    pak,,saya masih bingung dalam pengambilan tema skripsi,,,khususnya masalah logistik atau penjaminan mutu,,,mungkin bapak yang lebih berpengalaman bisa membantu saya,,,,
    tolong pak,,,


Leave a Reply

