Tips berburu topik skripsi (part 2)

January 8, 08

Tulisan berikut adalah kelanjutan dari bagian pertama yang bisa diakses di sini.

**********************************************************************

berikut adalah kelanjutannya.

3. Gabung, perluas, kurangi, adopsi

Untuk level S1, syarat bahwa sebuah penelitian harus significant dan novel tidak harus dipenuhi. Namun tidak berarti bahwa kita bisa menjiplak mentah-mentah hasil orang lain ataupun hanya mengganti angka-angka kemudian menghitung ulang.

Salah satu cara yang bisa dilakukan adalah menggabungkan, memperluas, mengurangi, ataupun mengadopsi hasil penelitian orang lain.

Menggabungkan; misalkan: forecasting dan optimasi; simulasi dan optimasi; analisis ergonomi dan simulasi. Kuncinya ada pada kata “dan”.

Memperluas; adalah mendorong agar bahasan penelitian yg sudah ada bisa digunakan dalam konteks yg lebih luas, ataupun menghilangkan (relaxing) beberapa asumsi yg ada dalam penelitian sebelumnya. Sebagai contoh, jika subjek penelitian sebelumnya dibatasi untuk mahasiswa maka penelitian anda akan membahas subjek untuk mahasiswa dan dosen.

Mengurangi; menyederhanakan prosedur, menyederhanakan sistem, memperpendek algoritma, mengurangi proses. Sebagai contoh jika penelitian sebelumnya memanfaatkan software package simulasi untuk analisis, maka anda memilih menggunakan / mengembangkan heuristic untuk melakukan analisis.

Mengadopsi; kita bisa saja ‘jalan-jalan’ ke ranah ilmu pengetahuan lain, kemudian ‘belanja’ di sana untuk kemudian dipakai di ranah teknik industri. Sebagai contoh, konsep systems thinking di industri adalah hasil jalan-jalan dari Profesor Forrester dan kolega lainnya di ranah sistem biologi. Konsep optimisasi genetic algorithm adalah hasil jalan-jalan melihat konsep evolusi.

4. Tools atau problem dulu ?

Tools-oriented masih dimungkinkan jika tujuan utama dari skripsi adalah mengembangkan tool tersebut. Jika tujuan dari penelitian adalah problem solving, maka tools follow problems.

5. Sumber inspirasi

Banyak sumber inspirasi yg bisa kita akses. Bicara dengan dosen, praktisi di tempat magang dulu, lihat di jurnal (UGM misalnya ‘kan udah langganan jurnal online), bertapa di gua, tanya kakak mahasiswa yg lebih senior [lha memang masih ada], google scholars, tante wiki , website organisasi seperti PMI, SDgroups , datang ke seminar, bergabung dengan kelompok penelitian dan lainnya.

idea.jpg

6. Tulis di organizer-mu

Ide kadang datang tak diduga waktu dan tempatnya. So keep ur organizer (blackberry, dopod, atopun kertas dan potlot) handy. Tuliskan semua ide yg terlintas segera sebelum hilang. Segila apapun ide itu.

Ada baiknya kebiasaan ini nanti dilanjutkan saat sudah melakukan penelitian dengan memiliki research [web]logbook.

7. Fokuskan dan Fokuskan

Ide topik penelitian di awalnya biasanya bersifat luas dan abstrak. Topik tersebut harus dibatasi, difokuskan agar sampai ke level yang bisa dilaksanakan.

focus.jpg

8. Berdoa

Setelah berusaha, tentunya tinggal bisa berdoa karena banyak hal yg di luar batas kemampuan kita.

7 Responses to “Tips berburu topik skripsi (part 2)”


  1. […] Lihat juga tips berburu topik skripsi bagian 2 […]


  2. […] Untuk tips berburu topik skripsi sila jenguk di sini dan di sini […]

  3. apep Says:

    mz..mz..mba..mba..
    boleh dunk kasih masukan bt aq
    gi bingung neh nyari judul skripsi
    tentang pa az dech yang penting nyambung
    ma jurusan qu
    aq kul jur fisika
    tenkyu kl mobantuin
    cayo…cayo..bantuin..euy…

  4. alfian Says:

    Tapi, bagimana Pak…
    Kita dah punya ide, suka dengan ide tersebut dan siap starting dan udah semangat 45…tapi tiba kebagian dosen pembimbing tidak sesuai dengan bidangnya dan dosen tersebut lebih senang request skripsi sesuai projectnya..
    :(….

    TI’EKST 2006

  5. wizdhaa Says:

    skripsi yang cepet, kira kira memakan waktu 2 bulanan ada gak ya…. plz. lam kenal my friends

  6. b oe d Says:

    Hayo hayo, ada yg bisa kasih masukan buat Apep, Alfi, Wizdha ??

  7. febry Says:

    iy pa makasiy pa atas tips na.. tp saya masiy binun dh tentang jdul skripsi saya,,saya jurusan sistem informasi bidang multimedia,,bgsnya apa ya pa??ada ide ga??abs saya dh ngajuin tentang perencanaan periklanan dgn macromedia flash ga bole,,katanya hrs berbentuk aplikasi,,tp klo bidang multimedia apa ya???simulasi jg ga boleh tolong ya pa ??maksiy ya sebelumnya


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: