Archive for March, 2008

Sepuluh tips sidang pendadaran S1

March 29, 08

Hari pendadaran atau sidang sarjana buat sebagian mahasiswa ibaratnya adalah judgment day: menegangkan, menakutkan, mengerikan.
Bakalan seperti apa ya nanti? jangan-jangan gini; jangan-jangan gitu.

question-mark.jpg

Berikut saya share beberapa tips yg mudah-mudahan berguna. Bagi yg ingin menambahi, mengurangi, mengomentari – dipersilahken.

selengkapnya

Manajemen Resiko di Proyek

March 9, 08

Project Risk Management (PRM) adalah satu dari sembilan ranah ilmu pengetahuan (Body of Knowledge) yang dicantumkan di Project Management Body of Knowledge (PMBOK).Teori, konsep dan aplikasi dari PRM telah berevolusi sesuai dengan jamannya. Yg pasti, jika kita menengok paper review, evolusi pemikiran terlihat dari pemikiran hard-paradigm [project dilihat seperti mesin] menuju soft-paradigm [project dilihat seperti organisme hidup].

risk03.jpg

Jadi apa sih sebenarnya project risk management? Nyok kita liat nyok …

selengkapnya

Proyek ~ apaan tuh

March 7, 08

Mari kita liat beberapa hal ini:

  1. DOSEN mroyek, mahasiswa jadi sengsara
  2. Ah, itu kan cuman proyeknya pemda aja
  3. Dasar anggota D*R maunya mroyek aja

Kasus yang familiar banget ya di telinga kita?
Atau coba yg ini:

Pimpinan proyek ### ditangkap polisi karena diduga korupsi
Rencana proyek $$$ ditentang warga karena mengganggu

construction.jpg

So jadi, itukah yang disebut proyek?
Apakah proyek harus selalu identik dengan masalah, korupsi dan sejenisnya?

Ayo kita lihat konsep proyek dari sudut pandang akademis-praktis.

selanjutnya

alhamdulillah

March 6, 08

alhamdulillah,
Draft revisi 1 dari literature review dah selesai.

selengkapnya