Sepuluh tips sidang pendadaran S1

March 29, 08

Hari pendadaran atau sidang sarjana buat sebagian mahasiswa ibaratnya adalah judgment day: menegangkan, menakutkan, mengerikan.
Bakalan seperti apa ya nanti? jangan-jangan gini; jangan-jangan gitu.

question-mark.jpg

Berikut saya share beberapa tips yg mudah-mudahan berguna. Bagi yg ingin menambahi, mengurangi, mengomentari – dipersilahken.


1. Hasil dari suatu proses

Satu hal yg perlu diingat adalah bahwa skripsi yg akan anda pertahankan dalam sidang adalah hasil sebuah proses yg panjang. Tidak ujug-ujug.

Dilengkapi dengan kerja keras, dedikasi, pengorbanan, kejujuran. Karenanya anda harus bangga dengan skripsi anda. It should be a masterpiece buat anda. Apapun hasilnya, karena hasil kerja keras dan kejujuran, anda akan mencoba mempertahankannya semampunya (tapi tetep open-minded). Hasil skripsi anda mungkin negatif (tidak sesuai dengan perkiraan awal); mungkin ada beberapa kesalahan yg ditemukan saat pendadaran- that’s ok. No body is perfect. Peneliti boleh / bisa salah asal tidak bohong (mengutip dari Pak Balza).

2. PeDe 3x
Dari point (1) tadi, yg bisa diambil adalah bahwa anda harus PeDe saat presentasi maupun menjawab pertanyaan penguji. Jika anda bekerja dengan jujur (tidak melakukan plagiarism); maka andalah satu-satunya orang yg paling faham ttg skripsi anda; jadi kenapa gak PeDe?

Saya sudah melihat beberapa mahasiswa yg terlihat grogi saat pendadaran sehingga konsentrasi kacau, tidak bisa berpikir jernih sehingga tidak bisa menjawab pertanyaan remeh-temeh; misalnya: apa bedanya radiator ama kaburator ? [hayo apa coba?]

jobs_intel_1.jpg

3. Persiapkan sebelumnya semua alat tempur
Ini keliatannya sepele tapi bisa menjadi bencana jika kelupaan. Contohnya, ada seorang mahasiswa yg lupa untuk mengecek ‘laptop yg dipinjam dari temennya’ untuk presentasi. OS laptop ternyata berbeda dg kompie yg biasa dipakai, sehingga programnya gak jalan waktu pendadaran.

Buat ceklist semua alat tempur jauh-jauh hari; kemudian cek dan ricek; contoh: pointer [ini sering kelupaan]; proyektor; de el el. Kalo bisa cek ruangan hari sebelumnya, lihat apakah perlu membawa kabel ekstensi dsb.

4. Cek lagi dengan pembimbing
Jika memungkinkan, buat janji dengan pembimbing beberapa hari sebelum pendadaran untuk melakukan finisihing touch – terutama untuk file presentasi. Plus minta tips2 khusus yg mungkin berguna plus minta doa restu🙂

5. Rehearsal !!!
Point (5) sangat terkait dengan (4). Kalo saya biasanya meminta mahasiswa untuk datang beberapa hari sebelum Hari H plus mengundang adik2 kelasnya. Sang mahasiswa saya minta presentasi di depan saya plus mahasiswa adik kelas. Setelah itu kami berikan feedback sebanyak-banyaknya. Dari isi materi, timing, gaya presentasi, dll.

Saat itu mahasiwa lain boleh bertanya tentang apapun – sampai pertanyaan-pertanyaan terkonyol sekalipun.

Kalo dosen pembimbing tidak punya program seperti itu, buat aja sendiri. Bareng temen satu lab misalnya. Usahakan suasana dibuat seperti yg sesungguhnya sehingga anda bisa benar-benar berlatih, baik dari sisi presentasi (pilihan kata, timing, dll) maupun menjawab pertanyaan.

6. Menjawab pertanyaan ?
Penguji kadang menanyakan pertanyaan yg sepertinya tidak nyambung dengan tema skripsi. Ada beberapa kemungkinan hal ini terjadi:
a. penguji ingin mengetahui kemampuan mahasiswa di bidang lain
b. penguji ingin intermezzo
c. penguji ingin membantu mahasiswa yg sedang kesulitan menjawab suatu pertanyaan dengan memberikan analogi hal lain (mahasiswa jadi dapet ide, dll).

Poinnya adalah, mahasiswa tidak bisa menolak pertanyaan. Semua pertanyaan harus dijawab dengan baik, ringkas, tepat. Jika tidak faham pertanyaan tentu kita bisa minta penguji untuk mengulang pertanyaannya. Jika kita bener-bener blank ya apa boleh buat – jujur aja deh dari pada ngarang trus ternyata salah banget.

7. Belajar mata kuliah – perlu gak?
Definitely NOT. Mana mungkin anda akan mereview semua materi kuliah dalam jangka pendek. Karenanya, saya biasanya meekankan agar mahasiswa mengurangi ‘menghapal’. Fahami materi jangan dihapal.

Untuk pendadaran, andalkan pemahaman anda yg telah anda bangun selama anda kuliah 8 semester. Belajar SKS (sistem kebut semalam) tidak akan banyak membantu – malah bikin anda stress.

8. Jangan lupa sarapan (kecuali pas puasa, jgn lupa sahur)
Ada satu mahasiswa pingsan saat pendadaran. Setelah siuman, mahasiswa tersebut ngaku ternyata dia belum sarapan. Ya sudah, akhirnya disuruh makan jatah penguji. Weleh-weleh.

9. Bawa minuman
Cek lagi aturan / konvensinya. Jika tidak ada larangan, bawa aja minuman -yg simple lho, misal air putih; jangan bawa es degan lengkap dengan kelapa mudanya.

10. Berdoa
Apa yg perlu dilakukan di malam hari sebelum Hari H?
Jangan belajar, gak usah terlalu mikirin pendadaran di malam ini. Yg perlu mungkin hanya final check semua perlengkapan tempur; siapin weker; pesen tetangga kos buat mbangunin kalo weker ternyata gagal dan sejenisnya.

Tentu gak lupa berdoa dan berdoa.

prayerbeads.jpg


Karena udah sepuluh, saya cukupkan sekian aja.
Mungkin ada yg bisa nambahin jawab pertanyaan ini?
(a) perlu bawa koper besar plus semua text book gak ya?
(b) perlu bawa supporter satu RT gak ya?
(c) …

— update; tambahan tips dari Pak Arry di ITeBe di sini

tapi kalo emang bener-bener gak tau ya -menurut saya- ngaku aja😀

10 Responses to “Sepuluh tips sidang pendadaran S1”

  1. Yan9n Says:

    hmmm…
    (a)perlu bawa koper besar ga ya? kira-kira ada batasan berapa kilo seperti limit bagasi yang boleh dibawa? hehehe…
    kalo menurut saya, bawa buku seperlunya saja… malah kalo bisa ndak bawa buku sama sekali… (lha kok?)
    waktu saya pendadaran dulu hanya buku statistik satu buah dan draft skripsi saya. wis itu tok… karena referensi saya sudah di laptop semua, jadi klo ditanya apa2 saya tinggal buka laptop hehehe (kok kayak tukul ya?)

    (b) suporter??? hmmm emang buat apa pak?
    abis2in duit pak, karena ntar mesti suporter minta ditraktir karena dah nemenin… hehehehe

    tambahan lagi pak:
    11. istirahat yang cukup
    biasanya para pendadaran-ers pada ndak iso tidur menghadapi hari H… deg-degan ga karu-karuan… padahal hari H mesti fresh… tips saya adalah, mesti istirahat yang cukup cukup banyak… biar pas pendadaran ndak ngantuk

  2. b oe d Says:

    makasih Mas Yayan.
    Ayo masukan dari yg lain?

  3. ybandung Says:

    Wah, tips yang sangat menarik Mas Boed;

    Betul, mengerjakan penelitian harus jujur; setiap informasi di dalam buku skripsi harus dikatakan sumbernya dari mana – sumber eksperimen pribadi atau eksperimen orang lain.

    Kontak dengan pembimbing sebelum bertempur sangat baik untuk memberikan persamaan persepsi di dalam ruang sidang. Apa jadinya kalau kita dengan pembimbing malah saling mempertanyakan atau berdebat sendiri di depan tim penguji.

    Saya ngga ngasih masukan Mas Boed, sudah lengkap …

  4. ashardi Says:

    wah…ini yang dibutuhkan, kebetulan mo sidang nih, moga2 tengah bulan ini bisa terlaksana… amien…

  5. b oe d Says:

    gut lak mas Ashardi🙂

  6. Pinandita Says:

    horeee…. makasih pak boed tips nya…:)

    ni lagi ada anak2 2003 discuss, lagi latihan pendadaran, ada mas umar, bang zaenal, mas irfan…

    doain diTa segera menyusul!! banzaaaaiiii….

  7. b oe d Says:

    Sama-sama Dita

  8. Arya 2004 Says:

    pakkk.. apa kabar???
    Kangen nih..klo pas Pak Budi k pulang, gk pernah ktmu..

    iyah..moga2 bermanfaat bwt pendadaran saia..
    Doakan pak.. Insya Allah.. 2 bulan lagi..

    *pasti saia camkan tips2nyah..^^*

  9. Balza Achmad Says:

    Lho kok nama saya disebut-sebut ya, he..he..he..
    Memang peneliti boleh/bisa salah asal tidak bohong, tapi juga jangan sering-sering atau terlalu banyak salahnya.

  10. Taufik Says:

    Nambah:
    Jangan lupa siap2 ngadepin penguji ala Algojo biar siap mental…kalau perlu PDKT aja dulu ama tu Dosen


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: