Archive for June, 2008

Teknik Merebus Katak

June 25, 08

Salah satu tugas utama dari Industrial Engineers (IE-ers) adalah melakukan perbaikan sistem. Jika kita ingat, di konteks perkuliahan, kita diminta melakukan analisis optimisasi -misalnya-; maka hasil dari analisis adalah sebuah rekomendasi untuk melakukan sesuatu.

Dalam konteks kerja yg sesungguhnya, tugas IE-ers mungkin tidak cukup berhenti di rekomendasi. Ada satu tugas lagi yg sangat kritis, dan menurut saya paling susah: mendorong implementasi. Saat itulah, kemampuan IE-ers sebagai change agents akan diuji. Karenanya, kemampuan untuk mengelola perubahan (change management) akan menjadi satu kemampuan yg sangat penting buat iE-ers.

Tak ada gunanya kan, anda sudah susah-susah mencari data, menganalisis, mensimulasikan, memberikan rekomendasi namun akhirnya rekomendasi itu tidak jalan? So mengelola perubahan menjadi satu tahapan krusial di sini.

Kali ini kita akan bicara tentang teknik merebus katak.

Priiiit !! Pak Boed, topiknya sadis pak. Gak cocok buat saya yg pecinta binatang. Wah bapak dah mulai aneh-aneh, nanti ada yg demo trus bakar-bakaran lho. hayo !!!

Tenang-tenang jangan anarkis, istilah teknik merebus katak ini hanya metafora lah. Jangan diartikan literal. Konsep ini adalah salah satu konsep yg mesti dipahami oleh systems thinker. Bahkan prinsip dasarnya bisa kita gunakan dalam kehidupan sehari-hari.

Ceritanya gini

selengkapnya

SINERGI

June 20, 08

Sebelumnya kita telah bicara tentang konsep sepakat untuk tidak sepakat, maka untuk melengkapinya perlu disampaikan satu lagi konsep: SINERGI.

Istilah Sinergi terlalu sering digunakan orang sebagai jargon, sehingga sering kehilangan maknanya. Menjadi sesuatu yg hiperbolik dan di awang-awang. Padahal konsep ini bisa juga membumi dan sering kita temukan dalam kehidupan sehari-hari.

SINERGI apaan sih Pak?

selengkapnya

Sepakat untuk tidak sepakat

June 14, 08

Di setiap awal kuliah yg dulu saya ampu, saya selalu tekankan satu prinsip. Prinsip yg sama juga berlaku di blog ini ~ boleh sepakat untuk tidak sepakat.

.

.

Ya itu masalahnya Pak. Saya itu kalo ikut kuliahnya Pak Boed, setiap akhir materi biasanya bingung. Soalnya kadang kalo Pak Boed sama beberapa temen mahasiswa berdebat, akhirnya ujung kesimpulannya adalah: “sepakat untuk tidak sepakat”. Gmana dong itu. Kesimpulan kok kayak gitu.

Ya gitu lah. Terutama kalo materi yg didiskusikan sifatnya open-ended, misal: tentang etika. Kalo saya pas ngasih materi statistik tentang cara baca tabel distribusi normal, ya terpaksa anda harus sepakat dengan saya 🙂

Jadi dasarnya apa sih pak kok dalam banyak kasus, Pak Boed nekanin prinsip boleh sepakat untuk tidak sepakat?

Gini nih ceritanya.

selengkapnya

Whistle Blower

June 2, 08

Entah kenapa hari ini saya pengin share tentang profesi dan etika. Di perkuliahan, materi ini biasanya saya taruh dalam satu bab khusus tentang etika di mata kuliah teori keputusan dan manajemen proyek.

Materi ini mendapat tanggapan hangat oleh adik mahasiswa karena formatnya debat. Bicara profesi dan etika memang tidak ada habisnya 😀

.
OK, Kali ini kita akan bicara sedikit tentang whistle blower. Yg semprit-semprit itu.

Hore, akhirnya Pak Boed bicara tentang Piala Euro ya Pak? Pak Boed jagoin mana? analisisnya gmana?

Halah, saya bukan komentator Bola. Saya sih jagoin Inggris, dan Inggris gak lolos ~ tapi whistle blower yg ini gak ada hubungannya sama Piala Euro.

Yach kirain

Tapi tetep menarik untuk disimak dan dikomentari. Mau tahu selengkapnya?

selengkapnya