Archive for the 'Systems thinking' Category

New7Wonders of Nature

June 22, 09
Vote Komodo ‘the dragon’ Island !!!

[clearspring_widget title=”New7Wonders of Nature” wid=”48607fb99aab19ef” pid=”4a3f1398e2d98cb4″ width=”165″ height=”324″ domain=”widgets.clearspring.com”]

Kesetiaan dan beda pendapat

February 21, 09

Hi IE-ers,

Kebetulan saat surfing saya menemukan quote dari Jendral Collin Powel berikut.
Isinya tentang hubungan antara loyalty dan disagreement. Cukup menarik menurut saya.
Meski latar belakang beliau tentara, sepertinya prinsip ini tak hanya cocok buat sistem ketentaraan.
Organisasi apapun (bahkan keluarga) selayaknya mempertimbangkan prinsip ini.

Bagaimana pendapat anda?

~~~

When we are debating an issue, loyalty means giving me your honest opinion, whether you think I’ll like it or not. Disagreement, at this stage, stimulates me.

But once a decision has been made, the debate ends. From that point on, loyalty means executing the decision as if it were your own.

Happy Eid Mubararrak

September 29, 08

الله أكبر الله أكبر الله أكبر
Allahu akbar, Allahu akbar, Allahu akbar
God is the Greatest, God is the Greatest, God is the Greatest

لا إله إلا الله
la ilaha illa Allah
There is no deity but God

الله أكبر الله أكبر
Allahu akbar, Allahu akbar
God is the Greatest, God is the Greatest

ولله الح
wa li-illahi al-hamd
and to God goes all praise

.

##>> Kirani together with Ayah & Ibu wishes all the very happiest Eid Mubarrak ##

.

.

.

.

.

.

.

Project cost underrun atau … ?

July 31, 08

Di manajemen proyek, project manager terbiasa menggunakan project baseline sebagai pedoman untuk mengukur kinerja proyek. Sifat project baseline sendiri sebenarnya dinamis meskipun biasanya data dibekukan saat proyek dimulai.

Kita ambil satu kasus ringan – seumpama anda adalah seorang pimpro di sebuah proyek EPC. Proyek sudah berjalan tiga bulan dari 12 bulan yg direncanakan dan kini saatnya melakukan major progress report meeting.

selengkapnya

Teknik Merebus Katak

June 25, 08

Salah satu tugas utama dari Industrial Engineers (IE-ers) adalah melakukan perbaikan sistem. Jika kita ingat, di konteks perkuliahan, kita diminta melakukan analisis optimisasi -misalnya-; maka hasil dari analisis adalah sebuah rekomendasi untuk melakukan sesuatu.

Dalam konteks kerja yg sesungguhnya, tugas IE-ers mungkin tidak cukup berhenti di rekomendasi. Ada satu tugas lagi yg sangat kritis, dan menurut saya paling susah: mendorong implementasi. Saat itulah, kemampuan IE-ers sebagai change agents akan diuji. Karenanya, kemampuan untuk mengelola perubahan (change management) akan menjadi satu kemampuan yg sangat penting buat iE-ers.

Tak ada gunanya kan, anda sudah susah-susah mencari data, menganalisis, mensimulasikan, memberikan rekomendasi namun akhirnya rekomendasi itu tidak jalan? So mengelola perubahan menjadi satu tahapan krusial di sini.

Kali ini kita akan bicara tentang teknik merebus katak.

Priiiit !! Pak Boed, topiknya sadis pak. Gak cocok buat saya yg pecinta binatang. Wah bapak dah mulai aneh-aneh, nanti ada yg demo trus bakar-bakaran lho. hayo !!!

Tenang-tenang jangan anarkis, istilah teknik merebus katak ini hanya metafora lah. Jangan diartikan literal. Konsep ini adalah salah satu konsep yg mesti dipahami oleh systems thinker. Bahkan prinsip dasarnya bisa kita gunakan dalam kehidupan sehari-hari.

Ceritanya gini

selengkapnya

SINERGI

June 20, 08

Sebelumnya kita telah bicara tentang konsep sepakat untuk tidak sepakat, maka untuk melengkapinya perlu disampaikan satu lagi konsep: SINERGI.

Istilah Sinergi terlalu sering digunakan orang sebagai jargon, sehingga sering kehilangan maknanya. Menjadi sesuatu yg hiperbolik dan di awang-awang. Padahal konsep ini bisa juga membumi dan sering kita temukan dalam kehidupan sehari-hari.

SINERGI apaan sih Pak?

selengkapnya

Sepakat untuk tidak sepakat

June 14, 08

Di setiap awal kuliah yg dulu saya ampu, saya selalu tekankan satu prinsip. Prinsip yg sama juga berlaku di blog ini ~ boleh sepakat untuk tidak sepakat.

.

.

Ya itu masalahnya Pak. Saya itu kalo ikut kuliahnya Pak Boed, setiap akhir materi biasanya bingung. Soalnya kadang kalo Pak Boed sama beberapa temen mahasiswa berdebat, akhirnya ujung kesimpulannya adalah: “sepakat untuk tidak sepakat”. Gmana dong itu. Kesimpulan kok kayak gitu.

Ya gitu lah. Terutama kalo materi yg didiskusikan sifatnya open-ended, misal: tentang etika. Kalo saya pas ngasih materi statistik tentang cara baca tabel distribusi normal, ya terpaksa anda harus sepakat dengan saya 🙂

Jadi dasarnya apa sih pak kok dalam banyak kasus, Pak Boed nekanin prinsip boleh sepakat untuk tidak sepakat?

Gini nih ceritanya.

selengkapnya

Teknik Industri & Industri Jasa

April 19, 08

IE-ers,

Seperti yg telah dibahas sebelumnya, ilmu Teknik Industri bisa berperan banyak dalam industri jasa. Di NUS, bahkan ‘warna’ service lebih kental daripada ‘manufacture’-nya. Salah satu kuliah S1 untuk mahasiswa Teknik Industri di NUS dinamai ‘SDP’ ~ systems design project. Metode perkuliahannya mirip sekali dengan ‘proyek terpadu’ / ‘integated project (IP)’ nya Teknik Industri UGM:

target adalah mahasiswa tingkat tiga, berbasis proyek, problem-driven, bebas memilih tools yg sesuai dengan problem-nya, dibiayai jurusan, kerja kelompok, sedikit kuliah di kelas, konsultasi dengan dosen, proposal + presentasi, diakhiri dengan pameran dengan mengundang tamu dari mana-mana

Wah, pak Boed, bisa work smart play hard dong pak?

Ya kira-kira gitulah.

Contoh prototip hasil ‘proyek terpadu’ anak TI UGM ~ namanya NATUNA>>

prototip hasil proyek terpadu, TI UGM

Bedanya mungkin ada di fokus content / materinya; SDP fokus ke desain sistem sementara IP ke desain produk. Satu lagi yg menonjol di SDP adalah kolaborasi dengan industrinya yang sangat kuat.
Berikut saya share beberapa hal yg menarik dari pameran tersebut.

selengkapnya

Engineer yang brilian itu gak bisa apa-apa

April 5, 08

Kita lihat cerita berikut. Cerita fiktif namun banyak ditemui di dunia kerja – terutama di perusahaan yang berbasis proyek.

Fikto adalah seorang engineer yg relatif baru di perusahaannya. Termasuk angkatan muda – fresh graduate. Fikto diterima di perusahaan EPC ini gara-gara resumenya yang impresif. Akademik oke, pengalaman organisasi oke, bahasa Inggris oke, saat wawancara dengan user canggih, presentasi dahsyat dll ~ top dah. SDM menerimanya tanpa ragu dan memproyeksikan Fikto sebagai salah satu future leader.

Setelah bekerja sekian bulan, prediksi user dan SDM tak salah. Fikto benar-benar mulai keliatan keunggulannya. Kerjanya beres semua – dan yang lebih penting adalah ‘can-do attitudenya’. Well, dia kerja di EPC yg memang perlu attitude seperti itu. Setahun, dua tahun bekerja – bosnya mulai ngeliat si Fikto mulai kendor. Mulai sering banyak ngeluh, due date tugas-tugas meleset, banyak kekeliruan hitung & desain yg berujung rework, gak datang di meeting-meeting.

Apa yg terjadi dengan engineer muda nan hebat yg dulu? Kok (dulu) segitu brillian tapi keliatan sekarang kok gak bisa apa-apa? Salah rekrut? salah assesment or what?

Sounds familiar? Mungkin ini sebabnya.

selengkapnya

Manajemen Resiko di Proyek

March 9, 08

Project Risk Management (PRM) adalah satu dari sembilan ranah ilmu pengetahuan (Body of Knowledge) yang dicantumkan di Project Management Body of Knowledge (PMBOK).Teori, konsep dan aplikasi dari PRM telah berevolusi sesuai dengan jamannya. Yg pasti, jika kita menengok paper review, evolusi pemikiran terlihat dari pemikiran hard-paradigm [project dilihat seperti mesin] menuju soft-paradigm [project dilihat seperti organisme hidup].

risk03.jpg

Jadi apa sih sebenarnya project risk management? Nyok kita liat nyok …

selengkapnya