Archive for the 'Teknik Industri' Category

Kirani dan Pilihan Rasional

July 11, 09

irrational[*cerita ini fiktif belaka]

.

Kirani, Aruni dan temennya Seruni sedang asyik berbincang di teras rumah. Sambil menyeruput kopi nescafe dan makan jagung rebus masakan istri, saya dengarkan perbincangan mereka.

..

[K]irani: eh, temen-temen, kalo aku pilih mobilan yang warna merah ini. Bagus deh. Lihat ini kan murah, dari kayu buatan tetangga. Jadinya ayah ndak usah keluar uang banyak-banyak. Keren kan?

Weh, hebat juga si Kirani. Dia merakyat banget yak. Dengerin lanjutannya ah …

[A]runi: yah, kak Ki aneh deh. Mosok mainan kayu gitu dibilang bagus. Ini nih aku pilih yang biru nih. Ini sudah terbukti awet lho. Agak mahal sih dulu pas beli, cuman kan sudah terbukti nih. Dah 5 bulan belum rusak. Bentuknya bagus kan. Ini yg paling keren.

Wee, si Aru berani beda sama kakaknya. Rame nih. Lanjut …

[S]eruni: We, temen-temen… apaan sih. Jelas mobilan yang kuning ini dong yang paling bagus. Jalannya paling ngebut nih. Biar bentuknya gak keren, ini paling jagoan.

[K]: gak lah. yang merah yang paling bagus. Aku pilih ini. Emangnya kita mau main di jalan tol? gak perlu ngebut-ngebut.

[S]: Yang biru jelas. T-o-p-b-g-t. Terbukti. Mainan kayu mah cepet rusak. Apalagi kalau dipake ngebut-ngebut.

[A]: Kuning yang bisa ngebut pilihanku. Yang merah mah kadang mogok, yang biru lelet banget jalannya.

Sedang asyiknya mereka bertiga ngobrol, lewatlah tetangga yang udah mahasiswa. Nyeletuklah sang mahasiswa:

[M]ahasiswa: adik-adik, kalian memang pemilih yang rasional.

[K]&[A]&[S]: ????

Weh, canggih juga adik mahasiswa tadi ya. Rasional, memilih dengan rasional. Apa pulak itu?

Buat [K]&[A]&[S], istilah itu tentu masih terlalu abstrak ya. Jadinya, lebih enak dikusi dengan si mahasiswa dan biarkan [K]&[A]&[S] bermain di dunianya yang ceria.

selanjutnya……..

Winners never quit? – umm sometimes they do

January 22, 09

378157079_8c80f14ca5_mTergelitik dengan ‘quote’ yg dikutip di status FB dari salah satu rekan [halo mb Titin :)], dan kebetulan beberapa waktu sebelumnya membaca artikel serupa, jadi pengin dikit nulis di sini tentang ‘quit’ & ‘quiters’. Oiya kebetulan lagi, bahasan ini terkait dengan thesis saya.

Yach pak Boed, bakalan berat nih bahasannya. Males males.

O ya jelas – tidak. Kita tetep membahas yang ringan-ringan saja. Seperti biasa kita bisa sepakat untuk tidak sepakat.

selengkapnya

on co-opetition

January 12, 09

coop

Setelah sekian lama vakum, akhirnya saya kembali ke jalan yang benar (i.e. blogging).

Kali ini kita akan bicara tentang kompetisi dan kerjasama.

Welcome back pak boed. BTW, kemana selama ini? Brenti nulis?

Halah. Gak juga. Saya tetep nulis – tapi tidak di blog. Bagian dari riset saya. The very reason I have been here in Singapore so far 🙂

Oke kembali ke laptop.
Beberapa orang menganggap bahwa kerjasama (cooperation) dan persaingan (competition) tidak bisa jalan seiring; i.e. mereka mutually exclusive; either-or.

Benarkah demikian? Sila disimpulkan sendiri – setelah membaca contoh di dunia olahraga berikut. Sedikit analisis sederhana diberikan dalam konteks game theory.

selengkapnya

Berapa Gaji Fresh Grad. Teknik Industri?

September 18, 08

Berapa sih ya gaji fresh graduate Lulusan Teknik Industri? Bagaimana dibandingkan dengan jurusan lain?
Sampai saat ini saya belum punya data untuk pasar Indonesia.

Untuk pasar Singapura, lulusan Universitas Lokal Singapura, saya dapatkan infonya dari Singapore MOM

Penasaran?
selengkapnya

Peramalan Kuantitatif – FAQ

July 19, 08

Peramalan kuantitatif adalah salah satu kemampuan yang dibutuhkan oleh IE-ers. Di manapun ia bekerja.

Meskipun dalam seting perkuliahan, peramalan biasanya menjadi bagian mata kuliah PPIC atau sejenis; ramal meramal tidak hanya menjadi monopoli domain manufaktur. Bahkan sejatinya, sadar ataupun tidak , dalam kehidupan sehari-hari kita sering dihadapkan dalam proses meramal sebelum bertindak.

Contohnya: hari mendung – saya perlu bawa payung gak ya?

Hari ini kita ngobrolin Naisbit, Joyoboyo, atau Mama Laurent pak?

Halah, bukan salah satu dari mereka 🙂 Gak usah ketik reg-spasi-boed lho ya !!!

Supaya ada variasi dibanding artikel sebelumnya, saya buat tulisan kali ini dalam format Q & A saja. Sila memberi masukan baik dari sisi teoritis maupun praktis aplikasi.

selengkapnya

Teknik Merebus Katak

June 25, 08

Salah satu tugas utama dari Industrial Engineers (IE-ers) adalah melakukan perbaikan sistem. Jika kita ingat, di konteks perkuliahan, kita diminta melakukan analisis optimisasi -misalnya-; maka hasil dari analisis adalah sebuah rekomendasi untuk melakukan sesuatu.

Dalam konteks kerja yg sesungguhnya, tugas IE-ers mungkin tidak cukup berhenti di rekomendasi. Ada satu tugas lagi yg sangat kritis, dan menurut saya paling susah: mendorong implementasi. Saat itulah, kemampuan IE-ers sebagai change agents akan diuji. Karenanya, kemampuan untuk mengelola perubahan (change management) akan menjadi satu kemampuan yg sangat penting buat iE-ers.

Tak ada gunanya kan, anda sudah susah-susah mencari data, menganalisis, mensimulasikan, memberikan rekomendasi namun akhirnya rekomendasi itu tidak jalan? So mengelola perubahan menjadi satu tahapan krusial di sini.

Kali ini kita akan bicara tentang teknik merebus katak.

Priiiit !! Pak Boed, topiknya sadis pak. Gak cocok buat saya yg pecinta binatang. Wah bapak dah mulai aneh-aneh, nanti ada yg demo trus bakar-bakaran lho. hayo !!!

Tenang-tenang jangan anarkis, istilah teknik merebus katak ini hanya metafora lah. Jangan diartikan literal. Konsep ini adalah salah satu konsep yg mesti dipahami oleh systems thinker. Bahkan prinsip dasarnya bisa kita gunakan dalam kehidupan sehari-hari.

Ceritanya gini

selengkapnya

SINERGI

June 20, 08

Sebelumnya kita telah bicara tentang konsep sepakat untuk tidak sepakat, maka untuk melengkapinya perlu disampaikan satu lagi konsep: SINERGI.

Istilah Sinergi terlalu sering digunakan orang sebagai jargon, sehingga sering kehilangan maknanya. Menjadi sesuatu yg hiperbolik dan di awang-awang. Padahal konsep ini bisa juga membumi dan sering kita temukan dalam kehidupan sehari-hari.

SINERGI apaan sih Pak?

selengkapnya

UGM Roboline Follower Contest

May 29, 08

Kayaknya mo ada acara asyik nih di UGM, lomba robot lagee.
Yg ngadain: KMTE UGM, dalam rangka TechnoCorner2008.

Pak Boed, ini kan robot pak, emang ada relevansinya ama kita-kita yg di Teknik Industri (IE)?

Bisa jadi ada relevansinya lho. Yuk kita liat info nya lebih dahulu:

selengkapnya

Belajar Manajemen Proyek dapet bonus …

May 22, 08

IE-ers,

Rekan-rekan yang tertarik mempelajari konsep-konsep manajemen proyek beyond textbooks, sila jenguk site PMpodcast. Anda tak perlu membaca apapun, cukup siapkan earphone + telinga 🙂

selengkapnya

Kuis Ringan Teknik Industri: sebuah jawaban

May 14, 08

Setelah perdebatan yg panjang tentang tebakan di sini, saya akan memperlihatkan jawaban versi saya. Pembaca yg belum membaca kuis tebakannya, sangat dianjurkan untuk membaca pertanyaannya, mencoba menjawab sendiri, dan melihat bagian komentar yg ada. Sangat dianjurkan:)
Seperti biasa, kita bisa sepakat untuk tidak sepakat. Asal ada argumentasi yg kuat 🙂

Note: tulisan yg berwarna hijau adalah detail teknis yg melibatkan beberapa konsep statistik. Bagi anda yg awam dengan statistik, sila skip bagian tersebut tanpa perlu khawatir kehilangan konsep dasarnya.

selengkapnya