Archive for the 'Teknik Industri' Category

Kuis Ringan Teknik Industri

May 6, 08

Daripada pusing-pusing, kita tebak-tebakan lagi yuk.
Kayaknya ini kuis ke-4 yang saya publish di blog ini.
Kuis pertama tentang efektifitas [lumayan banyak komentarnya, semuanya gak salah], kuis kedua tentang deal or no deal [gak banyak yg berani ikutan, tapi dah ada yg bener :)]; yg ketiga tentang model terbaik [ini juga lumayan tanggapannya].

.

.

Kuisnya tentang apa Pak Boed? Trus susah ndak? Berhubungan sama IE? Nilainya berapa % dari total nilai akhir? Kok mendadak banget gak bilang minggu sebelumnya?

Gubrak. Pertanyaan panjang bener. Ini blog lho bukan kuliah di kelas, jadi ya gak ada persen-persenan. Having fun aja. Kuisnya ringan banget, paling-paling cuman butuh logika dasar engineer plus dikiit pemahaman probabilitas / statistika. Saya dapet ide pertanyaannya pas ikut sebuah seminar, trus saya ubah-ubah dikit.

Tapi ssst… ada dikit bocoran.
a. Katanya gara2 gak bisa jawab soal sejenis ini, seorang kandidat Ph.D disuruh ngulang oral defence (semacam pendadaran) – saya gak tahu bener apa gak cerita ini. Masalahnya profesor-nya [Dr. Dennis Lim, thks Mas Nug] cerita sambil ketawa-ketawa
b. Konsep sederhana ini ternyata dipakai sebagai konsep dasar dari analisis dan manajemen resiko modern – kalo yg ini saya tahu persis bukan rumor 🙂

Tertarik? Jgn lupa kasih jawabannya ya.

selengkapnya

Teknik Industri & Industri Jasa

April 19, 08

IE-ers,

Seperti yg telah dibahas sebelumnya, ilmu Teknik Industri bisa berperan banyak dalam industri jasa. Di NUS, bahkan ‘warna’ service lebih kental daripada ‘manufacture’-nya. Salah satu kuliah S1 untuk mahasiswa Teknik Industri di NUS dinamai ‘SDP’ ~ systems design project. Metode perkuliahannya mirip sekali dengan ‘proyek terpadu’ / ‘integated project (IP)’ nya Teknik Industri UGM:

target adalah mahasiswa tingkat tiga, berbasis proyek, problem-driven, bebas memilih tools yg sesuai dengan problem-nya, dibiayai jurusan, kerja kelompok, sedikit kuliah di kelas, konsultasi dengan dosen, proposal + presentasi, diakhiri dengan pameran dengan mengundang tamu dari mana-mana

Wah, pak Boed, bisa work smart play hard dong pak?

Ya kira-kira gitulah.

Contoh prototip hasil ‘proyek terpadu’ anak TI UGM ~ namanya NATUNA>>

prototip hasil proyek terpadu, TI UGM

Bedanya mungkin ada di fokus content / materinya; SDP fokus ke desain sistem sementara IP ke desain produk. Satu lagi yg menonjol di SDP adalah kolaborasi dengan industrinya yang sangat kuat.
Berikut saya share beberapa hal yg menarik dari pameran tersebut.

selengkapnya

Project Risk Management Practices

April 4, 08

Empirical studies have been carried out by researchers around the world to see practices of project risk management (PRM). Having examined 7 empirical studies + 2 relevant articles from well respected authors, I have summarized the results. see more

Manajemen Resiko di Proyek

March 9, 08

Project Risk Management (PRM) adalah satu dari sembilan ranah ilmu pengetahuan (Body of Knowledge) yang dicantumkan di Project Management Body of Knowledge (PMBOK).Teori, konsep dan aplikasi dari PRM telah berevolusi sesuai dengan jamannya. Yg pasti, jika kita menengok paper review, evolusi pemikiran terlihat dari pemikiran hard-paradigm [project dilihat seperti mesin] menuju soft-paradigm [project dilihat seperti organisme hidup].

risk03.jpg

Jadi apa sih sebenarnya project risk management? Nyok kita liat nyok …

selengkapnya

Proyek ~ apaan tuh

March 7, 08

Mari kita liat beberapa hal ini:

  1. DOSEN mroyek, mahasiswa jadi sengsara
  2. Ah, itu kan cuman proyeknya pemda aja
  3. Dasar anggota D*R maunya mroyek aja

Kasus yang familiar banget ya di telinga kita?
Atau coba yg ini:

Pimpinan proyek ### ditangkap polisi karena diduga korupsi
Rencana proyek $$$ ditentang warga karena mengganggu

construction.jpg

So jadi, itukah yang disebut proyek?
Apakah proyek harus selalu identik dengan masalah, korupsi dan sejenisnya?

Ayo kita lihat konsep proyek dari sudut pandang akademis-praktis.

selanjutnya

Ayo ‘tembak’ dosen kamu

February 4, 08

Saya kadang-kadang terkagum-kagum dengan kreativitas mahasiswa. Baik di Indonesia maupun di Singapura.
Mereka sering bisa membuat acara yang segar, menghibur dan secara implisit memasukkan unsur edukatif.

Untuk menarik peserta dan penonton, mereka membuat poster yg atraktif dan dikasih judul besar-besar yg provokatif, kira-kira: “ayo tembak dosen kamu’. Siapa yg gak mau ikutan coba?

trebuchet.jpg

Jadi ceritanya gini:

selengkapnya

Pooling ala anak TI UGM 2004

February 1, 08

Malem-malem saya dapat berita dari Lindha dan Dita. Ternyata beritanya sama, Anak TI UGM angkatan 2004 ngadain pooling.
selengkapnya

Yet another Quiz: Mana model terbaik ??

January 31, 08

Hi all,
Mahasiswa teknik dan insinyur teknik sangat dekat hidupnya dengan ‘model’. Weitsz, tunggu dulu, maksudnya bukan model yang mondar-mandir di cat walk.

catwalk

Maksudnya di sini ya model = “penyederhanaan, mewakili, memperlihatkan beberapa sifat” dari sistem yang sedang kita observasi.

Contohnya?
Anak mesin memodelkan struktur channel box fitting pesawat dengan finite element untuk mencari jawaban berapa sih frekuensi pribadi dari struktur? ;
Anak IE memodelkan rantai pasok dari komoditi kedelai untuk mencari jawaban kenapa sih kedelai jadi mahal di Indonesia; dan seterusnya.

Oke, as usual kita lakukan tebak-tebakan alias kuis. Oiya, kalau ingin ikutan kuisz yg lebih menantang, sila jenguk di sini. Begini ceritanya:

selengkapnya

Stress karena Skripsi

January 20, 08

Hi Iers?

Anda sedang ambil skripsi / TA? Ngerasa stress? Ngerasa gak ada harapan? Ngerasa semua yg dikerjakan selama ini gak terlalu berarti? Kapan sih ini akan berakhir? Kenapa sih ini harus segera berakhir [aku masih pengin jadi mahasiswa nih], kenapa sih dosen ngembaliin terus draft laporanku? kenapa sih kita gak boleh plagiat?

phdcomics-meeting-advisor.png

source komik: phdcomics

Untuk tips berburu topik skripsi sila jenguk di sini dan di sini

Beberapa tip tambahan ini mudah-mudahan berguna.
selengkapnya

Do your best IE-ers UGM

January 18, 08

Malem-malem ini saya barusan dapet pesan YM dari Lindha (IE-UGM).

Ceritanya Lindha, Dita, Arya, Edo sedang di KA Lodaya dalam perjalanan ke Bandoeng. Ngapain? Ikutan lomba IE academic olympiad ITB 2007.

Ganbatte kudarasai, do ur best and gut lak ya. Kalo bisa ngikutin jejak Pantas yang memang pantas juara di ITB dengan burjo instan-nya, Ayoe yg suka keju ampe jalan-jalan ke Prancis dan masuk business week dan senior2 IE-ers UGM yg lain.

😀

IE-ers UGM: Dani, Edo, Dhita, Arya, Jaja, Linda, Titis, Umar, Ayu, Irfan