Archive for July, 2009

Kirani dan Pilihan Rasional

July 11, 09

irrational[*cerita ini fiktif belaka]

.

Kirani, Aruni dan temennya Seruni sedang asyik berbincang di teras rumah. Sambil menyeruput kopi nescafe dan makan jagung rebus masakan istri, saya dengarkan perbincangan mereka.

..

[K]irani: eh, temen-temen, kalo aku pilih mobilan yang warna merah ini. Bagus deh. Lihat ini kan murah, dari kayu buatan tetangga. Jadinya ayah ndak usah keluar uang banyak-banyak. Keren kan?

Weh, hebat juga si Kirani. Dia merakyat banget yak. Dengerin lanjutannya ah …

[A]runi: yah, kak Ki aneh deh. Mosok mainan kayu gitu dibilang bagus. Ini nih aku pilih yang biru nih. Ini sudah terbukti awet lho. Agak mahal sih dulu pas beli, cuman kan sudah terbukti nih. Dah 5 bulan belum rusak. Bentuknya bagus kan. Ini yg paling keren.

Wee, si Aru berani beda sama kakaknya. Rame nih. Lanjut …

[S]eruni: We, temen-temen… apaan sih. Jelas mobilan yang kuning ini dong yang paling bagus. Jalannya paling ngebut nih. Biar bentuknya gak keren, ini paling jagoan.

[K]: gak lah. yang merah yang paling bagus. Aku pilih ini. Emangnya kita mau main di jalan tol? gak perlu ngebut-ngebut.

[S]: Yang biru jelas. T-o-p-b-g-t. Terbukti. Mainan kayu mah cepet rusak. Apalagi kalau dipake ngebut-ngebut.

[A]: Kuning yang bisa ngebut pilihanku. Yang merah mah kadang mogok, yang biru lelet banget jalannya.

Sedang asyiknya mereka bertiga ngobrol, lewatlah tetangga yang udah mahasiswa. Nyeletuklah sang mahasiswa:

[M]ahasiswa: adik-adik, kalian memang pemilih yang rasional.

[K]&[A]&[S]: ????

Weh, canggih juga adik mahasiswa tadi ya. Rasional, memilih dengan rasional. Apa pulak itu?

Buat [K]&[A]&[S], istilah itu tentu masih terlalu abstrak ya. Jadinya, lebih enak dikusi dengan si mahasiswa dan biarkan [K]&[A]&[S] bermain di dunianya yang ceria.

selanjutnya……..

Advertisements