Archive for November, 2007

Tips berburu topik skripsi S1 ~ part 1

November 30, 07

Salah satu topik pembicaraan di kalangan mahasiswa senior S1 (tingkat akhir) saat kongkow ataupun ngerumpi biasanya adalah tentang topik TA / skripsi. Setidaknya ada dua kasus yang mungkin terjadi: “topik TA ditentukan oleh dosen” atau “mahasiswa diminta mencari topik TA sendiri”.

Untuk kasus kedua ini, banyak mahasiswa yang malah jadi kebingungan. Yup, bingung nyari topik TA.

Lha emangnya ilang kok harus dicari? 🙂

Kebingungan adalah suatu yg wajar. Jadi don’t worry, it’s natural. Soalnya kenapa? kalo anda tidak bingung pada tahap awal penelitian anda (entah bingung cari judul, bingung cari referensi, bingung karena bingung) , berarti kemungkinan besar topik anda tidak terlalu layak untuk skripsi. Kalau semuanya sudah terang benderang sejak awal (topik jelas las, metode jelas las, tools jelas las, bahkan mungkin hasilnya juga udah jelas las) maka aktivitas itu gak termasuk penelitian. Lebih cocok digolongkan praktikum. Saya share beberapa tips yang mungkin berguna:

selengkapnya

Advertisements

Palu dan Teknik Industri

November 29, 07

Sebuah buku mengutip dari sumber anonim:

If the only tool that you have in your toolbox is a hammer, every problem looks like a nail

Kira-kira artinye adalah:

Jika kamu cuman punya palu, semua masalah keliatan kayak paku deh

Wah menarik nih. Trus apa hubungannya Teknik Industri (IE) ama palu ya? Trus apa hubungannya palu ama tugas akhir trus juga ama profesi IE-ers? Kita pecahkan teka-teki itu di sini.

selengkapnya

Profiling ala Djokja

November 27, 07

Hi all,

Sekadar intermezzo. Kalo anda lihat film-film detektif macam CSI, anda kadang lihat ada analis khusus kepolisian yang mencoba melihat / mengkategorikan sifat / perilaku seseorang.

Ternyata khasanah Jawa juga memiliki teknik serupa lho, berdasarkan tanggal lahir (weton/neton). Sila jenguk di website Ki demang. Dan ini dia profile saya menurut weton di website itu:

selengkapnya

Ingin Menjadi Dosen [?] ~bagian 2

November 24, 07

Oke deh, kita lanjutin obrolan santai tentang fakta dan mitos mengenai dosen. Perlu diingetin lagi nih bahwa semua yg ditulis di blog ini adalah pendapat pribadi. Tidak terkait ataupun mencerminkan kebijakan dari suatu institusi.

Bagian pertama dari tulisan ini bisa dilihat di sini.

Jadi seperti biasa kita bisa sepakat untuk tidak sepakat.

# Setelah lulus, langsung jadi dosen atau …

selengkapnya

Ingin menjadi dosen [?] Fakta & Mitos

November 24, 07

IE-ers. Setelah anda lulus anda ingin jadi apa?Bidang kerja IE sebenarnya sangat luas, peluang bekerja anda sangat bervariasi. Sebelum akhirnya anda memilih (ya memilih bukan terpaksa) suatu jalur karier, seperti yang pernah saya sampaikan; pertimbangkan hal berikut:

a. passion
b. competence
c. contribution to the community.

Jika ternyata anda merasa bahwa dari tiga hal tersebut, anda punya “feeling” ingin menjadi seorang dosen – mungkin ada baiknya anda sempatkan membaca tulisan di bawah ini.

selengkapnya