Archive for February, 2008

M94 ~ solidarity forever

February 25, 08

Tepat 9 tahun yang lalu saya resmi meninggalkan kampus tercinta – ITB.
Dalam 4.5 tahun saya dibentuk untuk menjadi saya yang sekarang ini.

selengkapnya

Advertisements

Puncak gunung es: berpikir sistem

February 6, 08

Salah satu konsep yang digunakan oleh systems thinker untuk melakukan analisis adalah “system’s iceberg”. Dengan konsep ini, seorang systems thinker akan melihat bahwa sebuah kejadian (event) mungkin saja tidak berdiri sendiri. Berbeda dengan pendekatan reductionsim (yakni: breakdown masalah besar, cari solusinya satu-satu); systems thinking mencoba melihat permasalah secara holistik, kait mengkait dan memerlukan trade-off.

krl.jpg

source foto: dari sini

Contohnya adalah berita terbaru tentang penumpang KRL: “banyak penumpang KRL yg lebih senang hinggap di atap kereta”. Reaksi dari Perumka? beberapa metode udah dicoba: diteriakin pake speaker – gagal-; ditusuk-tusuk pakai galah -gagal maning-, disemprot-semprot, saya yakin juga tidak akan efektif [mereka nanti akan pake ponco sambil naik KRL, mungkin?].

Bagaimana systems thinker akan melihat permasalahan ini dari konsep system’s iceberg?
Gini lho ceritanya

selengkapnya

Ayo ‘tembak’ dosen kamu

February 4, 08

Saya kadang-kadang terkagum-kagum dengan kreativitas mahasiswa. Baik di Indonesia maupun di Singapura.
Mereka sering bisa membuat acara yang segar, menghibur dan secara implisit memasukkan unsur edukatif.

Untuk menarik peserta dan penonton, mereka membuat poster yg atraktif dan dikasih judul besar-besar yg provokatif, kira-kira: “ayo tembak dosen kamu’. Siapa yg gak mau ikutan coba?

trebuchet.jpg

Jadi ceritanya gini:

selengkapnya

Pooling ala anak TI UGM 2004

February 1, 08

Malem-malem saya dapat berita dari Lindha dan Dita. Ternyata beritanya sama, Anak TI UGM angkatan 2004 ngadain pooling.
selengkapnya