Peramalan Kuantitatif – FAQ

July 19, 08

Peramalan kuantitatif adalah salah satu kemampuan yang dibutuhkan oleh IE-ers. Di manapun ia bekerja.

Meskipun dalam seting perkuliahan, peramalan biasanya menjadi bagian mata kuliah PPIC atau sejenis; ramal meramal tidak hanya menjadi monopoli domain manufaktur. Bahkan sejatinya, sadar ataupun tidak , dalam kehidupan sehari-hari kita sering dihadapkan dalam proses meramal sebelum bertindak.

Contohnya: hari mendung – saya perlu bawa payung gak ya?

Hari ini kita ngobrolin Naisbit, Joyoboyo, atau Mama Laurent pak?

Halah, bukan salah satu dari mereka 🙂 Gak usah ketik reg-spasi-boed lho ya !!!

Supaya ada variasi dibanding artikel sebelumnya, saya buat tulisan kali ini dalam format Q & A saja. Sila memberi masukan baik dari sisi teoritis maupun praktis aplikasi.

selengkapnya

Advertisements

Teknik Merebus Katak

June 25, 08

Salah satu tugas utama dari Industrial Engineers (IE-ers) adalah melakukan perbaikan sistem. Jika kita ingat, di konteks perkuliahan, kita diminta melakukan analisis optimisasi -misalnya-; maka hasil dari analisis adalah sebuah rekomendasi untuk melakukan sesuatu.

Dalam konteks kerja yg sesungguhnya, tugas IE-ers mungkin tidak cukup berhenti di rekomendasi. Ada satu tugas lagi yg sangat kritis, dan menurut saya paling susah: mendorong implementasi. Saat itulah, kemampuan IE-ers sebagai change agents akan diuji. Karenanya, kemampuan untuk mengelola perubahan (change management) akan menjadi satu kemampuan yg sangat penting buat iE-ers.

Tak ada gunanya kan, anda sudah susah-susah mencari data, menganalisis, mensimulasikan, memberikan rekomendasi namun akhirnya rekomendasi itu tidak jalan? So mengelola perubahan menjadi satu tahapan krusial di sini.

Kali ini kita akan bicara tentang teknik merebus katak.

Priiiit !! Pak Boed, topiknya sadis pak. Gak cocok buat saya yg pecinta binatang. Wah bapak dah mulai aneh-aneh, nanti ada yg demo trus bakar-bakaran lho. hayo !!!

Tenang-tenang jangan anarkis, istilah teknik merebus katak ini hanya metafora lah. Jangan diartikan literal. Konsep ini adalah salah satu konsep yg mesti dipahami oleh systems thinker. Bahkan prinsip dasarnya bisa kita gunakan dalam kehidupan sehari-hari.

Ceritanya gini

selengkapnya


SINERGI

June 20, 08

Sebelumnya kita telah bicara tentang konsep sepakat untuk tidak sepakat, maka untuk melengkapinya perlu disampaikan satu lagi konsep: SINERGI.

Istilah Sinergi terlalu sering digunakan orang sebagai jargon, sehingga sering kehilangan maknanya. Menjadi sesuatu yg hiperbolik dan di awang-awang. Padahal konsep ini bisa juga membumi dan sering kita temukan dalam kehidupan sehari-hari.

SINERGI apaan sih Pak?

selengkapnya


Sepakat untuk tidak sepakat

June 14, 08

Di setiap awal kuliah yg dulu saya ampu, saya selalu tekankan satu prinsip. Prinsip yg sama juga berlaku di blog ini ~ boleh sepakat untuk tidak sepakat.

.

.

Ya itu masalahnya Pak. Saya itu kalo ikut kuliahnya Pak Boed, setiap akhir materi biasanya bingung. Soalnya kadang kalo Pak Boed sama beberapa temen mahasiswa berdebat, akhirnya ujung kesimpulannya adalah: “sepakat untuk tidak sepakat”. Gmana dong itu. Kesimpulan kok kayak gitu.

Ya gitu lah. Terutama kalo materi yg didiskusikan sifatnya open-ended, misal: tentang etika. Kalo saya pas ngasih materi statistik tentang cara baca tabel distribusi normal, ya terpaksa anda harus sepakat dengan saya 🙂

Jadi dasarnya apa sih pak kok dalam banyak kasus, Pak Boed nekanin prinsip boleh sepakat untuk tidak sepakat?

Gini nih ceritanya.

selengkapnya


Whistle Blower

June 2, 08

Entah kenapa hari ini saya pengin share tentang profesi dan etika. Di perkuliahan, materi ini biasanya saya taruh dalam satu bab khusus tentang etika di mata kuliah teori keputusan dan manajemen proyek.

Materi ini mendapat tanggapan hangat oleh adik mahasiswa karena formatnya debat. Bicara profesi dan etika memang tidak ada habisnya 😀

.
OK, Kali ini kita akan bicara sedikit tentang whistle blower. Yg semprit-semprit itu.

Hore, akhirnya Pak Boed bicara tentang Piala Euro ya Pak? Pak Boed jagoin mana? analisisnya gmana?

Halah, saya bukan komentator Bola. Saya sih jagoin Inggris, dan Inggris gak lolos ~ tapi whistle blower yg ini gak ada hubungannya sama Piala Euro.

Yach kirain

Tapi tetep menarik untuk disimak dan dikomentari. Mau tahu selengkapnya?

selengkapnya


UGM Roboline Follower Contest

May 29, 08

Kayaknya mo ada acara asyik nih di UGM, lomba robot lagee.
Yg ngadain: KMTE UGM, dalam rangka TechnoCorner2008.

Pak Boed, ini kan robot pak, emang ada relevansinya ama kita-kita yg di Teknik Industri (IE)?

Bisa jadi ada relevansinya lho. Yuk kita liat info nya lebih dahulu:

selengkapnya


Menjadi Peer Reviewer

May 23, 08

Semingguan belakangan ini saya mendapat pekerjaan tambahan sukarela menjadi peer reviewer untuk jurnal internasional Construction Management and Economics.

Merupakan suatu kehormatan buat saya karena diundang untuk menjadi reviewer di bidang Project Risk Management. Soalnya saya teh statusnya baru mahasiswa S3. Ya at least saya akan tambah networkingnya

🙂

Buat IE-ers yg tertarik terjun di bidang penelitian, Q&A berikut mungkin berguna

selengkapnya


Belajar Manajemen Proyek dapet bonus …

May 22, 08

IE-ers,

Rekan-rekan yang tertarik mempelajari konsep-konsep manajemen proyek beyond textbooks, sila jenguk site PMpodcast. Anda tak perlu membaca apapun, cukup siapkan earphone + telinga 🙂

selengkapnya


Kuis Ringan Teknik Industri: sebuah jawaban

May 14, 08

Setelah perdebatan yg panjang tentang tebakan di sini, saya akan memperlihatkan jawaban versi saya. Pembaca yg belum membaca kuis tebakannya, sangat dianjurkan untuk membaca pertanyaannya, mencoba menjawab sendiri, dan melihat bagian komentar yg ada. Sangat dianjurkan:)
Seperti biasa, kita bisa sepakat untuk tidak sepakat. Asal ada argumentasi yg kuat 🙂

Note: tulisan yg berwarna hijau adalah detail teknis yg melibatkan beberapa konsep statistik. Bagi anda yg awam dengan statistik, sila skip bagian tersebut tanpa perlu khawatir kehilangan konsep dasarnya.

selengkapnya


Kuis Ringan Teknik Industri

May 6, 08

Daripada pusing-pusing, kita tebak-tebakan lagi yuk.
Kayaknya ini kuis ke-4 yang saya publish di blog ini.
Kuis pertama tentang efektifitas [lumayan banyak komentarnya, semuanya gak salah], kuis kedua tentang deal or no deal [gak banyak yg berani ikutan, tapi dah ada yg bener :)]; yg ketiga tentang model terbaik [ini juga lumayan tanggapannya].

.

.

Kuisnya tentang apa Pak Boed? Trus susah ndak? Berhubungan sama IE? Nilainya berapa % dari total nilai akhir? Kok mendadak banget gak bilang minggu sebelumnya?

Gubrak. Pertanyaan panjang bener. Ini blog lho bukan kuliah di kelas, jadi ya gak ada persen-persenan. Having fun aja. Kuisnya ringan banget, paling-paling cuman butuh logika dasar engineer plus dikiit pemahaman probabilitas / statistika. Saya dapet ide pertanyaannya pas ikut sebuah seminar, trus saya ubah-ubah dikit.

Tapi ssst… ada dikit bocoran.
a. Katanya gara2 gak bisa jawab soal sejenis ini, seorang kandidat Ph.D disuruh ngulang oral defence (semacam pendadaran) – saya gak tahu bener apa gak cerita ini. Masalahnya profesor-nya [Dr. Dennis Lim, thks Mas Nug] cerita sambil ketawa-ketawa
b. Konsep sederhana ini ternyata dipakai sebagai konsep dasar dari analisis dan manajemen resiko modern – kalo yg ini saya tahu persis bukan rumor 🙂

Tertarik? Jgn lupa kasih jawabannya ya.

selengkapnya